CSBR Rights & Resilience Seed Grants: Apply now!
– | Comments Off on CSBR Rights & Resilience Seed Grants: Apply now!

The CSBR Rights and Resilience seed grants aim to support small scale projects that experiment with alternative ways to organize and advance rights amidst the impacts of COVID-19. We are inviting proposals for projects to …

Read the full story »
News on Sexual & Bodily Rights

Resources & Tools

News from Member Organizations

CSBR Activities

Statements

Home » CSBR Activities, Featured

Dana Hibah Hak-hak dan Ketahanan CSBR: Daftar sekarang!

Submitted by on – No Comment

Melalui dana hibah Hak dan Ketahanan (Rights and Resilience), CSBR bermaksud untuk mendukung proyek-proyek berskala kecil yang didesain dengan cara-cara alternatif untuk memperkuat hak-hak individu di tengah dampak COVID-19. Kami mengundang anda untuk mengajukan proposal proyek yang akan dilaksanakan antara 1 Juli – 15 Desember 2020.

Mengapa menggunakan mekanisme ini?

Sebagai jaringan solidaritas internasional yang digerakkan oleh komunitas, kami ingin menjajagi bagaimana menciptakan mekanisme sumber daya antarsebaya di tengah krisis saat ini. CSBR  tidak dapat mengadakan pertemuan tatap muka untuk tahun ini, tetapi karena kami sadar bahwa kami memiliki privilese atas dana yang ada, maka kami memilih untuk mengolah sumber daya tersebut untuk mendukung lingkaran aktivis yang lebih luas agar tetap terhubung dalam berbagai konteks, bahkan ketika akses lintas-nasional kita terputus. Melalui pengembangan mekanisme antarsebaya, kami juga ingin menjajagi apa langkah terbaik untuk mendistribusikan sumber daya yang ada dalam gerakan.

Kami menyadari perlunya menciptakan ruang untuk berefleksi atas pergeseran global saat ini bagi gerakan kita, tidak hanya selama pandemi saat ini, tetapi juga setelah krisis ini berakhir. Secara kolektif, bagaimana cara kita mengambil jeda, mengubah alur, bertukar pengalaman, dan merespons dengan cara yang memungkinkan kita untuk mempertahankan dan bahkan memperluas ruang-ruang berharga bagi gerakan kita? Bagaimana kita tetap mampu bertahan dan memperkuat ikatan kolektif dalam pengorganisasian kita?

Di saat gerakan kita terbatas seperti sekarang, apa yang bisa kita pelajari dari kreativitas di antara kita, bagaimana kita menciptakan metode yang lebih mudah diakses serta inklusif dalam mengorganisasi dan memobilisasi komunitas? Oleh karena itu, Program Hak & Ketahanan CSBR tidak sekadar ditujukan sebagai sarana untuk mendistribusikan dana, tetapi juga sebagai mekanisme untuk memperkuat kapasitas kolektif, solidaritas dan dukungan pembangunan gerakan, oleh dan untuk komunitas. Melalui mekanisme ini, kami juga mencanangkan serangkaian acara Linking & Learning bagi penerima hibah untuk berjumpa di forum virtual. Linking & Learning ini akan mendukung kita untuk belajar dari kegiatan satu sama lain, membangun hubungan, dan secara kolektif berbagi dalam pemantauan, evaluasi & pembelajaran (MELs) untuk program ini.

Fokus Strategis:

Proposal harus memenuhi kriteria berikut:

(A) Menggali & mencabar akar penyebab fundamentalisme agama, dan persinggungannya dengan pembatasan hak bagi kelompok LGBTIQ

(B) Memperkuat pengorganisasian yang digerakkan oleh komunitas

(C) Menjaga & memperluas ruang sipil di seluruh kelompok Muslim, termasuk melanjutkan program dan kampanye yang ada melalui metode baru yang dapat berfungsi ketika gerakan kita terbatas seperti sekarang.

(D) Memperkuat & meningkatkan ekspresi dan wacana progresif. Termasuk menemukan pendekatan yang lebih strategis untuk mencapai kebebasan beragama atau berkeyakinan, utamanya didasarkan pada kesetaraan gender dan penghormatan terhadap keragaman SOGIESC.

(E) Mendukung pendekatan inovatif / holistik untuk memajukan hak dan ketahanan, termasuk perhatian pada komunitas serta kepedulian kolektif.

Siapa saja yang bisa mendaftar?

Kami menerima proposal dari kelompok terdaftar dan tidak terdaftar, dengan anggaran operasi tahunan di bawah 50.000 EUR, yang memenuhi kriteria berikut:

  • Kolektif atau organisasi yang dipimpin oleh Muslim queer (LGBTIQ), yang berbasis di salah satu negara prioritas atau fokus.
  • Kelompok yang dipimpin oleh queer, berbasis di salah satu negara prioritas atau fokus. Prioritas akan diberikan kepada perempuan LBQ, kelompok yang dipimpin oleh trans dan interseks.
  • Feminis, kelompok hak-hak perempuan dan hak-hak anak perempuan termasuk komunitas LGBTIQ, yang berbasis di salah satu negara prioritas atau fokus.

Jenis hibah apa yang bisa kita ajukan?

Kami menerima proposal proyek untuk Hibah Organisasi, atau Hibah Regional/Kolaboratif, yang akan dilaksanakan antara 1 Juli – 15 Desember 2020. Hibah dapat diajukan dengan jumlah total 2500 EUR, 6000 EUR, atau 10.000 EUR. Kami dapat menyediakan dana proyek yang mencakup pembiayaan untuk merancang, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek-proyek kecil. Termasuk  juga biaya yang diperlukan untuk sumber daya manusia dan teknologi.

Hibah Organisasi. Proposal jenis ini dapat diajukan oleh organisasi atau kolektif yang bekerja di salah satu negara prioritas: Afghanistan, Bangladesh, Mesir, India, Indonesia, Yordania, Kirgistan, Maroko, Nepal, Pakistan, Palestina, Filipina, Sri Lanka, Sudan, Tajikistan, Tunisia , dan Yaman.

Hibah Regional / Kolaborasi: Proposal ini harus bisa memaparkan berbagai hal terkait strategi regional, dan dapat diajukan sebagai kemitraan dengan CSBR. Jenis hibah ini dapat diajukan oleh organisasi, kolektif atau jaringan yang bekerja di salah satu negara prioritas (di atas), dan / atau negara-negara fokus: Aljazair, Kazakhstan, Libanon, Malaysia dan Turki.

Kegiatan seperti Apa Yang Dapat Kita Ajukan?

Di bawah ini adalah contoh kegiatan yang dapat kami dukung, yakni yang sejalan dengan kriteria strategis dan didasarkan pada kebutuhan yang kami dengar dari rekan-rekan kami dan program yang sudah dikembangkan oleh anggota jaringan dan sekutu. Ini tidak dimaksudkan untuk membatasi proposal kalian, tetapi hanya contoh pekerjaan yang diperlukan. Kategori kegiatan yang bisa diajukan sebagai berikut: Produksi Pengetahuan; Jaringan Virtual & Lokakarya; Penguatan Kampanye & Advokasi; Bantuan & Kepedulian Komunitas.

Produksi Pengetahuan. Kegiatannya meliputi:

  • Penelitian & Analisis tentang bagaimana gerakan-gerakan fundamentalis bertemu dalam berbagai konteks kita. Misalnya, apa hubungan antara fundamentalisme agama dengan ekonomi, dan dampaknya terhadap kebijakan pemerintah untuk mengatasi COVID-19?
  • Penelitian dan analisis tentang bagaimana kekuatan konservatif merusak upaya masyarakat untuk menegakkan hak dan menghentikan pelanggaran (termasuk meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga, kejahatan rasial, penyebaran COVID, akses terbatas ke layanan kesehatan penting termasuk SRHR)?
  • Publikasi yang mencabar asumsi dan prasangka buruk terhadap konsep gender dan seksualitas yang terpinggirkan dalam masyarakat Muslim
  • Dokumentasi inisiatif berbasis hak yang mendukung / mendorong pendekatan afirmatif dan inklusif untuk kepercayaan, seksualitas dan hak asasi manusia.


Jejaring & Lokakarya Virtual

  • Pelibatan komunitas melalui platform virtual untuk berjumpa & tetap terhubung dengan tema tertentu. Misalnya, festival online, forum online untuk pertukaran pengalaman, seri kuliah, lokakarya online – yang membahas kriteria strategis.
  • Bereksperimen dengan mengubah metodologi partisipatif dari tatap muka ke ruang virtual. Bagaimana kita bisa mengadakan kegiatan yang dulunya pelatihan 5 hari secara langsung, sekarang dilakukan secara online? Apakah mungkin membuat lokakarya online yang masih mendukung orang untuk terlibat dalam kegiatan refleksif diri, menyediakan ruang aman, dan membangun koneksi?
  • Melibatkan praktisi holistik untuk menawarkan serangkaian sesi dukungan psiko-sosial virtual dan berbasis ketubuhan kepada komunitas yang terpinggirkan
  • Membuat dan memproduksi podcast tematik 10 episode

Memperkuat Kampanye dan Advokasi Hukum dan Kebijakan 

  • Mengorganisasi serangkaian lokakarya virtual tentang bagaimana caranya terlibat dengan mekanisme PBB dan proses politik tingkat tinggi, bahkan di tengah-tengah pembatasan terkait COVID-19
  • Dokumentasi, webinar, dan kampanye sosial yang mengadvokasi perlawanan terhadap stigmatisasi pasien dan peningkatan risiko bagi masyarakat yang terpinggirkan karena COVID-19, termasuk orang-orang LGBTIQ, pekerja seks, orang muda jalanan, kelompok orang dengan disabilitas, orang yang hidup dengan HIV, migran, dll.
  • Menciptakan platform umum untuk perempuan, anak perempuan dan pembela LGBTIQ untuk belajar dari kampanye yang telah berhasil untuk memastikan pemerintah memberikan layanan penting, melindungi hak asasi manusia & memastikan perlindungan lingkungan selama COVID-19 dan seterusnya.
  • Menulis serangkaian tulisan dan artikel yang akan diterbitkan di media arus utama tentang masalah kampanye tertentu
  • Kampanye berbasis seni melalui media online

Bantuan dan Kepedulian Komunitas

  • Mengembangkan Panduan Sumber Daya untuk mendukung komunitas dalam membangun lingkaran bantuan bersama. Misalnya, bagaimana kita menciptakan community responses yang mengurangi situasi menguatnya pengawasan dan kontrol penuh aparat dalam menanggapi COVID-19?
  • Merancang sistem pendukung komunitas untuk memecahkan isolasi, mengatasi tantangan kesehatan mental, membuat orang terhubung secara sosial, dan mengakses kebutuhan penting (makanan, obat-obatan, layanan kesehatan)
  • Mengoperasikan hotline untuk dukungan informasi dan sumber daya, untuk menangani GBV, CSE, SRHR dan akses ke layanan kesehatan penting lainnya
  • Penjangkauan ke komunitas yang belum pernah kalian jangkau, untuk memperkuat pengorganisasian lintas gerakan. Misalnya: membangun jaringan dan terlibat dengan para profesional dari berbagai sektor (seperti pekerja sosial, pengacara, guru, dokter, dll.), yang dapat menyebarkan pembelajaran, pengalaman, dan informasi ke khalayak yang lebih luas

Jangka Waktu Pengajuan & Review:

Silakan kirimkan proposal proyek kalian sebelum 8 Juni 2020, dengan mengisi Formulir Proposal di bawah ini, dan emailkan formulir yang sudah diisi ke: coordinator@csbronline.org. Jika kalian memiliki masalah keamanan tentang pengiriman formulir proposal melalui email, silakan menghubungi kami sehingga kami dapat mencari cara alternatif untuk menerima proposal kalian. Tinjauan/review oleh Komite Seleksi CSBR akan selesai pada tanggal 26 Juni 2020. Oleh karena itu, tanggal mulai proyek diharapkan tidak boleh sebelum 1 Juli 2020. Kami berharap hibah bisa didistribusikan pada akhir Juli 2020.

Download FORMULIR PROPOSAL

Comments are closed.